Hallo Beauty.
Siapa diantara kalian yang sudah lelah menghadapi komedo membandel? Akuuuu...
Tahu kah kalian bahwa komedo merupakan benjolan (papula) kecil pada permukaan kulit yang berwarna hitam. Komedo merupakan jenis jerawat yang tergolong ringan, pada umumnya komedo akan muncul di wajah atau di leher, dada, bahu punggung, dan lengan.



Penyebab Komedo:
Setiap folikel rambut kita terdiri dari sehelai rambut dan kelenjar minyak atau sebum yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap halus. Namun, komedo yang disebabkan oleh sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel kulit yang berada di atas komedo terbuka dan terpapar udara maka warna komedo menjadi tampak hitam.

Terdapat beberapa faktor yang dapat memicu munculnya komedo, yaitu (sumber: Alodokter)
1. Meningkatnya jumlah bakteri Propionibacterium acnes pada permukaan kulit
2. Iritasi folikel rambut yang menyebabkan sel kulit mati tidak rontok secara teratur
3. Mengalami perubahan hormon yang menyebabkan meningkatnya produksi minyak terutama pada saat remaja dan saat menstruasi
4. Mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya steroid, lithium atau pil KB
5. Kulit yang terlalu kering sebelum menstruasi karena pemakaian pelembab kulit atau berada dalam cuaca lembab
6. Memakai produk dengan bahan kimia tertentu, termasuk pomade yang berminyak dan beberapa cat rambut
7. Makanan tertentu dapat menimbulkan komedo, misalnya produk susu dan makanan dengan indeks glikemik tinggi (kandungan gula dan lemak tinggi)
8. Folikel rambut yang rontok karena cedera, misalnya akibat memencet jerawat, efek menggunakan larutan kimia, atau efek sampng perawatan laser

Sudah tahu kan sekarang penyebab-penyebab dari Komedo? Mungkin kita bisa share cara kalian mengusir komedo di kolom komentar agar teman-teman bisa mencobanya juga di rumah.
Thank you...